gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung
gedung

Headlines

PEDOMAN BEASISWA PPA DAN BBM 2011

Oleh Miftahul Huda tanggal 27-01-2011

BEASISISWA PPA dan BBM 2011

Berdasarkan DIPA  tahun 2011, alhamdulillah PENS memperoleh alokasi dana untuk beasiswa PPA dan BBM sebanyak 3.852 OB (Orang Bulan) dengan besar bantuan Rp. 350.000 per bulan. Pendaftaran beasiswa akan segera dilakukan setelah raport kenaikan semester ganjil 2011 diperoleh. Selamat menyiapkan segalanya, dan silahkan dibaca pedoman penerimaan beasiswa PPA dan BBM berikut ....

• BANTUAN BELAJAR MAHASISWA (BBM)
• BEASISWA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK (PPA)

KATA PENGANTAR

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik di bidang akademik dan atau non akademik. Agar program bantuan biaya pendidikan dan beasiswa dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menerbitkan pedoman.

Penerbitan pedoman ini diharapkan dapat memudahkan bagi para pengelola agar penyelenggaraan program dapat terlaksana sesuai dengan harapan kita semua. Selain itu pedoman ini diharapkan juga dapat memudahkan bagi para mahasiswa yang akan mengusulkan sebagai calon penerima beasiswa, dan memudahkan bagi mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa untuk menjalankan hak dan kewajibannya.

Dengan terbitnya pedoman ini, proses penyaluran/ pemberian PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) kepada mahasiswa akan berjalan dengan lebih baik, dan mahasiswa dapat mengikuti studinya dengan lancar yang diharapkan mampu meningkatkan prestasinya yang akhirnya dapat ikut andil dalam meneruskan perjuangan bangsa menuju pembangunan Indonesia sejahtera.

Kepada para pimpinan perguruan tinggi dan Kopertis Wilayah kami harapkan dapat melakukan sosialisasi, seleksi dan pengelolaan/penyaluran bantuan biaya pendidikan dan beasiswa mengacu kepada pedoman ini.

Akhirnya kami mengucapkan penghargaan dan terima kasih kepada tim penyusun dan semua pihak yang telah membantu dalam mewujudkan buku pedoman ini.

Jakarta,         Agustus 2010
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi

Djoko Santoso

I.  PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. Hak setiap warga negara tersebut telah dicantumkan dalam Pasal 31 (1) Undang-Undang Dasar 1945. Berdasarkan pasal tersebut, maka Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi, dan masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan. Untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu diperlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab V pasal 12 (1.c), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya. Pasal 12 (1.d), menyebutkan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya.

Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, Bagian Kelima, Pasal 27 ayat (1), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya memberi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada peserta didik yang orang tua atau walinya tidak mampu membiayai pendidikannya. Pasal 27 ayat (2), menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat memberi beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi.

pada Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tersebut, maka Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Kementerian Pendidikan Nasional, mengupayakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang orang tua/walinya kurang mampu membiayai pendidikan, dalam bentuk Bantuan Biaya Mahasiswa (BBM) dan Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dalam bentuk Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

B. DASAR

1. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

3. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

C. TUJUAN

1. Meningkatkan akses dan  pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi rakyat Indonesia.

2. Mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah, karena tidak mampu membiayai pendidikan.

3. Meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler,  maupun ekstrakurikuler.

D. SASARAN

1. Mahasiswa berprestasi (baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler).

2. Mahasiswa dengan prestasi minimal yang orang tua/wali-nya tidak mampu membiayai pendidikannya.

 II. KETENTUAN UMUM


A. STATUS MAHASISWA

1. Mahasiswa calon/penerima beasiswa adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi pengelola program beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional.

2. Mahasiswa calon/penerima beasiswa adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana.

B. WAKTU

PPA dan BBM diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan Kementerian Pendidikan Nasional.

C. ALOKASI

1. Kuota calon penerima pada setiap perguruan tinggi ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

2. Besarnya dana dialokasikan sesuai dengan DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sekurang-kurangnya Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per mahasiswa per bulan.

Khusus bagi mahasiswa baru diberikan mulai semester I dengan mempertimbangkan antara lain nilai ujian nasional dan nilai rapor.

III.  KETENTUAN KHUSUS


A. PERSYARATAN

1. Umum

Diberikan dengan mempertimbangkan prestasi dan latar belakang memampuan ekonomi orang tua kepada mahasiswa:

a. Jenjang S1/Diploma IV paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII.

b. Diploma III, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI.

Mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pimpinan perguruan tinggi yang berwenang untuk mendapatkan  bantuan  dengan melampirkan berkas sebagai berikut:
a. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif.

b. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir dan atau bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari orang tua/walinya.

c. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain di lingkungan Kemdiknas yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan.

d. Fotokopi kartu keluarga.

e. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.

2. Khusus

Calon penerima wajib melampirkan:

a. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA):

1) Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,0 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.

2) Surat keterangan penghasilan orangtua/wali pemohon yang disahkan oleh pihak yang berwenang (bagi pegawai negeri/swasta disahkan oleh Bagian Keuangan, dan yang bukan pegawai negeri/swasta disahkan oleh Lurah/Kepala Desa).

b. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM):

1) Surat Keterangan tidak mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa.

2) Fotokopi  transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,50 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.

3) Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemdiknas dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional, maupun Internasional.

3. Perguruan tinggi negeri/kopertis, karena alasan atau kondisi tertentu dapat menambahkan ketentuan dan atau syarat tambahan, termasuk mengubah batas IPK terendah. Penambahan dan atau perubahan dimaksud harus dilaporkan kepada Ditjen Dikti.

 B. PENETAPAN

1. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

a. Mahasiswa sebagai penerima beasiswa ditetapkan berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan dalam pedoman ini.

b. Apabila calon penerima melebihi kuota yang telah ditetapkan, maka perguruan tinggi dapat menentukan mahasiswa penerima beasiswa sesuai dengan urutan prioritas sebagai berikut:

1) Mahasiswa yang mempunyai IPK paling tinggi.

2) Mahasiswa yang mempunyai SKS paling banyak (jumlah semester paling sedikit)

3) Mahasiswa yang memiliki prestasi di kegiatan ko/ekstra kurikuler (olahraga, teknologi, seni/budaya tingkat internasional /dunia, Regional/Asia/Asean dan Nasional).

4) Mahasiswa yang (orang tuanya) paling tidak mampu.

2. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

a. Mahasiswa sebagai penerima beasiswa ditetapkan berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan dalam pedoman ini.

b. Apabila calon penerima melebihi kuota yang telah ditetapkan, maka perguruan tinggi dapat menentukan mahasiswa penerima beasiswa sesuai dengan urutan prioritas sebagai berikut:

1) Mahasiswa yang (orang tuanya) paling tidak mampu.

2) Mahasiswa yang memiliki prestasi di kegiatan ko/ekstra kurikuler (olahraga, teknologi, seni/budaya tingkat internasional /dunia, Regional/Asia/Asean dan Nasional).

3) Mahasiswa yang mempunyai IPK paling tinggi.

4) Mahasiswa yang mempunyai SKS paling banyak (jumlah semester paling sedikit)

 IV. MEKANISME

A. PERSIAPAN

1. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemdiknas menetapkan kuota masing masing Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis.

 2. Pimpinan perguruan tinggi memberitahukan kepada semua mahasiswa melalui Fakultas dan atau Jurusan/Departemen atau sesuai dengan struktur organisasi perguruan tinggi yang bersangkutan.

3. Pimpinan Kopertis Wilayah memberitahukan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di wilayahnya.

4. Setiap pimpinan Fakultas dan atau Jurusan/Departemen atau sesuai dengan struktur organisasi perguruan tinggi memberitahukan kepada semua mahasiswa secara terbuka.

B. SELEKSI

1. Pimpinan Perguruan Tinggi menyeleksi usulan mahasiswa calon penerima beserta beserta persyaratan yang telah ditentukan berdasarkan usulan yang telah diseleksi oleh setiap pimpinan Fakultas dan atau Jurusan/Departemen atau sesuai dengan struktur organisasi perguruan tinggi.

 2. Bagi Perguruan Tinggi Negeri, hasil seleksi ditetapkan oleh Rektor/Ketua/Direktur atau yang diberi wewenang untuk itu.

 3. Bagi Perguruan Tinggi Swasta, hasil seleksi diusulkan oleh Rektor/Ketua/Direktur atau yang diberi wewenang ke Kopertis Wilayah yang bersangkutan untuk ditetapkan sesuai dengan hasil seleksi administrasi yang mengacu pada kuota.

 4. Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis mengunggah (upload) hasil penetapan penerima (nama mahasiswa dan informasi lainnya sesuai form) melalui sistem informasi manajemen data beasiswa (http://simb3pm.dikti.go.id) dan mengirimkan Surat Keputusan (SK) Rektor/Ketua/Direktur/Koordinator Kopertis kepada Dikti dalam bentuk hardcopy (tanpa lampiran).

C. PENYALURAN DANA

1. Pimpinan Perguruan Tinggi menyalurkan dana kepada mahasiswa dengan perhitungan setiap bulan, dan penyalurannya dapat digabungkan beberapa bulan, maksimal setiap enam bulan.

2. Pimpinan Kopertis Wilayah menyalurkan dana kepada mahasiswa melalui Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta dengan perhitungan setiap bulan, dan penyalurannya dapat digabungkan beberapa bulan, maksimal enam bulan.

3. Penyaluran dana dari perguruan tinggi kepada mahasiswa disarankan melalui rekening mahasiswa atau pembayarannya melalui bank.

4. Dana tidak boleh dipotong untuk keperluan apapun.

5. Dana yang tidak tersalurkan dapat dialihkan kepada mahasiswa lain yang memenuhi persyaratan melalui keputusan Rektor/Ketua/Direktur/Koordinator Kopertis. Apabila masih terdapat sisa dana yang tidak dapat disalurkan, maka wajib dikembalikan ke Kas Negara.

6. Apabila alokasi penerima PPA dan BBM kurang dari kuota yang telah ditetapkan, maka sisa dana wajib dikembalikan ke rekening Kas Negara.

D. PENGHENTIAN

Pemberian PPA dan BBM dihentikan apabila mahasiswa:

1. Telah lulus;

2. Mengundurkan diri/cuti;

3. Menerima sanksi akademik dari Perguruan Tinggi;

4. Tidak lagi memenuhi syarat yang ditentukan;

5. Memberikan data yang tidak benar;

5. Meninggal dunia.

V. MONITORING DAN EVALUASI

Agar program beasiswa PPA dan BBM tetap dapat dilaksanakan sesuai dengan pedoman dan atau ketentuan yang ditetapkan, Ditjen Dikti akan melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi sesuai panduan dan waktu yang akan ditentukan setiap tahun.

VI. PELAPORAN

Paling lambat pada bulan November tahun anggaran berjalan, Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis Wilayah wajib membuat laporan (dengan sistematika bebas) yang berisi penjelasan kualitatif sesuai terkait substansi pada laporan program (VI.A) didukung data kuantitatif dan atau visual yang merupakan ringkasan/rekapitulasi data dari http://simb3pm.dikti.go.id serta laporan keuangan (bukti transfer dan atau tandatangan mahasiswa) dalam bentuk hardcopy.


A. LAPORAN PROGRAM

Pelaporan program berprinsip pada 3T (Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, & Tepat Waktu).

1. Tepat Sasaran

PPA dan BBM telah disalurkan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dalam pedoman dengan menyebutkan jumlah mahasiswa putra dan putri.

2. Tepat Jumlah

a. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan.

b. Apabila jumlah mahasiswa calon penerima PPA dan BBM yang memenuhi persyaratan melebihi dari kuota yang telah ditetapkan, maka Perguruan Tinggi Negeri dan atau Kopertis Wilayah menyampaikannya dalam laporan untuk mengusulkan tambahan kuota pada tahun berikutnya.

 3. Tepat Waktu
PPA dan BBM telah disalurkan kepada mahasiswa sesuai dengan waktu sebagaimana diatur dalam mekanisme penyaluran dana.

B. LAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan terdiri atas daftar penerima disertai lampiran copy buku tabungan, bukti transfer, dan/atau tanda terima penyaluran PPA dan BBM dalam bentuk hardcopy yang disimpan di perguruan tinggi dan siap dikirimkan apabila diminta ke alamat:

Direktorat Kelembagaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 
Kementerian Pendidikan Nasional
Gedung D Lt. 6
Jalan Jenderal Soedirman Pintu, I Senayan Jakarta

Daftar Beasiswa Online

dunia

Visi & Misi

Menjadi pusat pengembangan potensi mahasiswa yang mendorong pertumbuhan pribadi, serta keterlibatan dalam sosial kemasyarakatan baik lokal maupun global yang cerdas, bertaqwa, terampil, dan mandiri.
Misi
1. Mendukung kegiatan mahasiswa dalam bidang keilmuan dan kepemimpinan
2. Memfasilitasi kegiatan mahasiswa dalam pengembangan kecakapan hidup
3. Mendorong sebuah lingkungan yang toleran dan menghormati perbedaan
4. Mengembangkan organisasi mahasiswa yang responsif


dunia

Agenda Kegiatan



  • PENSVAGANZA pada tanggal  16/04/2011
  • Pengabdian Masyarakat pada tanggal  19/03/2011
  • Sharing Bareng Alumni Telkom (membahas tentang peranan dan prospek jurusan teknik Telekomunikasi di pada tanggal  07/03/2011
  • Sharing Bareng Alumni Telkom (membahas tentang peranan dan prospek jurusan teknik Telekomunikasi di pada tanggal  07/03/2011
  • Seminar Nasional & Musyawarah Nasional (MUSMA) XII FKMPI pada tanggal  11/03/2011
  • the magic of public speaking pada tanggal  09/04/2011
  • Ristek Goes to School pada tanggal  19/03/2011
  • Majelis Akbar UKKI PENS-ITS 2011 pada tanggal  12/03/2011
  • EEUC SEA 2011 pada tanggal  23/03/2011
  • Pelatihan LKMM TD 2011 pada tanggal  17/03/2011
  • TECHNO ART pada tanggal  21/03/2011
  • Seminar XL pada tanggal  14/05/2011
  • STUDY EXCURSIE 2011 pada tanggal  07/02/2011
  • Seminar Fiber Optik pada tanggal  28/05/2011
  • RIPER (Reforestation And Integrity PENS for Earth) pada tanggal  30/04/2011
  • EEPI CUP 2011 pada tanggal  18/04/2011
  • Proposal pengajuan anggaran dana pada tanggal  12/04/2011
  • Kuliah Tamu pada tanggal  07/04/2011
  • KULIAH TAMU DENGAN ALUMNI ELEKTRONIKA pada tanggal  06/04/2011
  • Kreatifitas kami pada tanggal  05/04/2011
  • DONOR DARAH 2011 pada tanggal  20/04/2011 DAN 21/04/2011
  • Gelar Karya Mahasiswa (GKM) PIMITS pada tanggal  01/05/2011
  • SEMINAR JOB INTERVIEW pada tanggal  05/04/2011
  • Suksesi HIMA TELEKOMUNIKASI 2011 pada tanggal  08/04/2011
  • Road Show Eagle Award pada tanggal  16/04/2011
  • anggaran dana kegiatan volly tahun 2011 pada tanggal  13/04/2011
  • Anggaran UKM BASKET tahun 2011 pada tanggal  13/04/2011
  • Anggaran UKM FUTSAL tahun 2011 pada tanggal  13/04/2011
  • Suksesi Pemilihan Kahima pada tanggal  20/04/2011
  • Suksesi HIMA ELKA 2011 pada tanggal  18/04/2011
  • CHEAPER MARKET pada tanggal  29/04/2011
  • Pemilihan Umum Raya PENS - ITS 2011 pada tanggal  28/04/2011
  • SUKSESI HIMA ELIN 2011 pada tanggal  03/05/2011
  • proposal stan pendaftaran maba 2011 pada tanggal  15/06/2011
  • Study Excursie Angkatan 2009 pada tanggal  18/07/2011
  • PELATIHAN STEERING COMMITTE pada tanggal  16/07/2011
  • Managerial Staff pada tanggal  20/07/2011
  • Rapat Kerja Hima Elka pada tanggal  15/07/2011
  • Rapat Kerja HIMA ELIN periode 2011-2012 pada tanggal  09/07/2011
  • RAPAT KERJA HIMIT pada tanggal  18/07/2011
  • proposal raker BEM pada tanggal  05/07/2011
  • STUDY EXCURSIE ELEKTRO INDUSTRI pada tanggal  22/02/2011
  • Final Project Competition pada tanggal  26/07/2011
  • Workshop PENS Goes to Pimnas 2012 pada tanggal  19/09/2011
  • Telecommunication Engineering Blog Competition pada tanggal  13/11/2011
  • Telkom and MMB for Newbie pada tanggal  29/09/2011
  • pemira its pada tanggal  04/10/2011
  • Mading Competition pada tanggal  27/09/2011
  • Open Recruitment MMC pada tanggal  09/10/2011
  • IT CUP 2011 pada tanggal  03/10/2011
  • ELKA CUP pada tanggal  03/10/2011
  • Workshop VoIP pada tanggal  07/04/2012
  • Telkom Cup 2011 pada tanggal  17/10/2011
  • ELIN CUP 2011 pada tanggal  17/10/2011
  • BEM PENS GOES TO JAWAPOS pada tanggal  11/10/2011
  • Study Excursie pada tanggal  17/10/2011
  • PELATIHAN PEMANDU LKMM 2011 PENS - ITS pada tanggal  08/10/2011
  • Himit Sharing Center pada tanggal  24/10/2011
  • Ultah HIMIT pada tanggal  18/11/2011
  • Donor Daeah BEM PENS-ITS 2011 pada tanggal  21/11/2011
  • Training Autocad by HIMA ELIN pada tanggal  03/12/2011
  • TSC (Telkom Sharing Center) pada tanggal  16/01/2012
  • MUSDA FKMPI pada tanggal  25/01/2012
  • detik plus pada tanggal  20/02/2012
  • PENS GOES TO SCHOOL (POSCHO) pada tanggal  21/02/2012
  • Seminar Persiapan Memasuki Dunia Kerja pada tanggal  01/03/2012
  • GENSET 2k12 pada tanggal  01/09/2012
  • Muslimah Fun Day pada tanggal  17/02/2012
  • Malam Keakraban Warga Telkom pada tanggal  08/03/2012
  • Monitoring dan Evaluasi HIMA TELKOM pada tanggal  12/03/2012
  • Malam Keakraban Elin 2012 pada tanggal  28/02/2012
  • Enumeration 2012 pada tanggal  14/03/2012
  • Android Seminar 2012 pada tanggal  22/04/2012
  • Suksesi Hima Telkom 2012-2013 pada tanggal  04/04/2012
  • PELATIHAN K3 DI INDUSTRI DAN SEMINAR JOB INTERVIEW pada tanggal  25/03/2012
  • Latihan Bersama Mahasiswa UKM Bulutangkis PENS pada tanggal  01/01/2012
  • Majelis Akbar UKKI 2012 pada tanggal  24/03/2012
  • SEMINAR AND SHARING WITH ALUMNUS TELKOM pada tanggal  31/03/2012
  • Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar 2012 pada tanggal  30/03/2012
  • PENS Carnival 2012 pada tanggal  07/04/2012
  • LCGK_(proposal 28 Maret 2012) pada tanggal  05/05/2012
  • UKM Futsal dan SepakBola pada tanggal  04/04/2012
  • Proposal UKM Basket pada tanggal  04/04/2012
  • Donor Darah pada tanggal  12/04/2012
  • EEPIS Championship pada tanggal  09/04/2012
  • International Scholarship Expo pada tanggal  05/04/2012
  • JOB INTERVIEW WORKSHOP ( SEMINAR AND TRAINING ) pada tanggal  29/04/2012
  • Kuliah Tamu pada tanggal  23/05/2012
  • SUKSESI KAHIMA ELIN 2012 pada tanggal  08/05/2012
  • Proposal Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) PENS 2012 pada tanggal  09/05/2012
  • SUKSESI HIMA ELKA 2012 pada tanggal  27/03/2012
  • Syuro’ Akbar UKKI PENS 2012-2013 pada tanggal  05/06/2012
  • Pelatihan Stearing Commite pada tanggal  11/07/2012
  • Sidang Umum Mahasiswa III 2012 pada tanggal  12/07/2012
  • GOM (Grand Opening Mentoring) 2012 pada tanggal  17/09/2012
  • Pelatihan Pemandu LKMM PENS 2012 (PP LKMM PENS 2012) pada tanggal  06/10/2012
  • Mading Competition PENS 2012 pada tanggal  10/10/2012
  • LKMM PRA-TD TELKOM 2012 pada tanggal  09/11/2012
  • LKMM PRA TD MMB 2012 pada tanggal  02/11/2012
  • Pra-TD ITCE 2012 pada tanggal  03/11/2012
  • LKMM Pra-TD 2012 pada tanggal  24/11/2012
  • LKMM Pra TD HIMA ELKA 2012 pada tanggal  09/11/2012
  • LKMM Pra TD 2012 Hima Meka pada tanggal  09/11/2012
  • PENS VAGANZA DAN SOSIAL 2012 pada tanggal  02/12/2012
  • Kuliah Tamu (IKA-PENS) pada tanggal  23/01/2013
  • LKMM TD 2013 pada tanggal  15/03/2013
  • Pemilihan Umum (Pemilu) BEM & DPM PENS pada tanggal  09/06/2013
  • Suksesi Kahima Elektronika 2013 pada tanggal  23/05/2013
  • Suksesi Teknik Telekomunikasi 2013 pada tanggal  25/05/2013
  • Suksesi Kahima IT 2013 pada tanggal  24/05/2013
  • Suksesi Hima Mekatronika 2013 pada tanggal  30/05/2013
  • Suksesi Hima MMB 2013 pada tanggal  31/05/2013
  • ENUMERATION pada tanggal  12/05/2013
  • PENS CUP pada tanggal  08/04/2013
  • LKMM TD 2013 pada tanggal  29/03/2013