Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) senantiasa meningkatkan eksistensinya melalui berbagai prestasi yang didapatkan. Tidak hanya terpaku di bidang engineering, salah satu mahasiswa PENS yakni Ma’arif, berhasil membawa pulang gelar Wakil 2 Duta Batik Jawa Timur 2019 pada ajang Pemilihan Duta Batik Jawa Timur 2019 pada Sabtu lalu (13/4). Bertempat di Grand City Surabaya, Ma’arif buktikan mampu bersaing dengan masing-masing perwakilan dari 38 kabupaten di Jawa Timur.

Untuk bisa sampai ke tahap final, telah banyak proses seleksi yang dilalui Ma’arif bersama seluruh peserta lainnya. Mulai dari seleksi administrasi di tingkat kabupaten, hingga tahap interview yang terdiri dari tes pengetahuan umum, wawasan mengenai batik, english interview, catwalk, hingga unjuk bakat. Pada tahap ini peserta terdiri dari perwakilan satu putra dan satu putri dari masing-masing kabupaten. Kemudian terpilihlah 20 Grand Finalis yang akan melalui proses karantina sebelum akhirnya melaju ke tahap Grand Final.

Berbagai pengalaman baru tentu dirasakan Ma’arif selama proses seleksi ini. Mulai dari mengajarkan proses membuat batik untuk siswa berkebutuhan khusus, mendapat berbagai pembekalan di bidang batik, serta membuat sebuah batik project. “Hal yang juga berkesan dari kompetisi ini adalah saat saya bisa mendesain hingga membuat batik sendiri, menjadi sebuah kebanggaan menggunakan batik karya sendiri,” ungkap Ma’arif. Selain itu, dirinya mengaku bahwa melalui ajang ini ia juga turut serta melestarikan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia.

Usai dinyatakan keluar sebagai Wakil 2 Duta Batik Jawa Timur, Ma’arif berharap agar kedepannya mahasiswa harus bisa berkembang dan mempelajari banyak hal khusunya budaya batik. “Sebagai pewaris dan pemilik budaya ini kita harus bangga dengan mengenakan dan mengenalnya lebih dalam lagi agar budaya ini tetap lestari,” imbuh salah satu mahasiswa program studi Teknik Informatika ini. Ia juga berharap agar ajang seperti ini bisa menginspirasi generasi milenial untuk mencetak prestasi dan mengembangkan diri kearah positif. (tts/res)