Pembinaan Organisasi Mahasiswa

 Mahasiswa PENS mempunyai wadah organisasi yang merupakan kelengkapan non struktural yang bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang bertakwa kepada Allah sebagai insan akademis, pencipta, pengabdi dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur dengan berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lembaga kemahasiswaan formal yang diakui di PENS adalah :

 РBadan Eksekutif Mahasiswa (BEM),

– Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM),

– Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA Prodi),

– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Di dalam dunia nyata di industri kemampuan teknik (hard-skill) saja masih belum mencukupi kebutuhan. Seseorang pekerja harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, mengatur irama kerja, mengatur dan mengorganisir pekerjaan dan bagaimana bernegosiasi dengan orang lain. Kemampuan ini yang lebih dikenal sebagai soft-skill. PENS memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan soft-skill melalui aktifitas non akademik di kampus. Bentuk kegiatan bisa berupa aktifitas berorganisasi, pelatihan kepemimpinan, menjalankan kehidupan demokrasi, dan beragam kegiatan yang sifatnya non akademik lainnya. Strategi yang dikembangkan di PENS adalah dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mencoba, dan berusaha memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Beberapa bentuk kegiatan pengembangan soft-skill melalui jalur ormawa yang ada di PENS adalah :

– Pembinaan organisasi mahasiswa di BEM, DPM, HIMA Prodi, Unit Kegiatan Mahasiswa Minat Bakat.

– Pelatihan kepemimpinan berjenjang LKMM Para-TD, LKMM TD, LKMM Tingkat Menengah dan LKMM Tingkat Lanjut.

– Pelatihan Ormawa untuk pengurus BEM, DPM, HIMA Prodi dan UKM.

– Pemilu untuk memilih Presiden BEM, DPM, Ketua HIMA Prodi, dan sebagainya.

Sebagai wujud nyata pembinaan terhadap organisasi kemahasiswaan, pada tahun 2010 PENS telah membangun gedung Pusat Kreatifitas Mahasiswa (Gedung PKM). Gedung PKM berada tepat diatas kantin PENS yang didalamnya terdapat ruang kerja untuk BEM, DPM, dan HIMA Prodi. Dengan adanya gedung PKM maka seluruh pembinaan dan kegiatan kemahasiswaan lebih terpusat sehingga memudahkan mahasiswa dalam melakukan koordinasi kegiatannya.