Surabaya, pens.ac.id – Sebanyak 3 mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)  yang mengikuti  acara Studium Generale 2019 dalam rangka  memperingati Dies Natalies ke-31, berhasil membawa hadiah 3 Televisi dari PT. Panasonic, salah satu perusahaan besar milik Dr. (HC) Rachmat Gobel. Mereka telah berani menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Dr. (HC) Rachmat Gobel selaku narasumber, terkait  “Produktivitas Riset dan Pengembangan Iptek Terapan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa”.

Bertempat di Auditorium PENS, Dr. (HC) Gobel memberikan sebuah pertanyaan  yaitu “Sebuah keuntungan berasal darimana?”. Pertanyaan tersebut telah dijawab oleh mahasiswa bernama Muhammad Fathur Rohman (D4 Telekomunikasi), Zikri Nasution (D4 Elektronika),  dan Mohammad Abdus Salam (D4 Elektronika). Pertanyaan yang dilontarkan merupakan sebuah  upaya dari Dr. Gobel untuk memotivasi generasi muda supaya terus meningkatkan produktivitasnya.

Dr. (HC) Gobel hanya memberikan kesempatan kepada 3 mahasiswa yang berani untuk menjawab pertanyaannya. “ Menurut saya keuntungan itu berasal dari tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang diciptakan industri untuk konsumen, sehingga bisa meningkatkan profit bagi industri itu sendiri, “ jawab Zikri.

Jawaban dari Zikripun membuat semua peserta bertepuk tangan, dan memicu yang lain untuk menjawab pertanyaan. “ Keuntungan tidak datang secara tiba-tiba, melainkan diraih dari proses yang panjang dan disertai ketulusan dan kebanggan dalam membuat sebuah produk,” jawab Abdus Salam.

Dr. Gobel sangat mengapresiasi jawaban dari peserta. Tapi beliau memberikan sebuah jawaban tentang pertanyaan yang diajukannya bahwa “ Keuntungan itu berasal dari hati dengan niat awal yang tepat dan baik,”, ujar Dr. (HC) Gobel.

Diketahui bahwa Dr. (HC) Rachmat Gobel adalah Komisaris utama PT. National Panasonic Gobel, yang juga sekaligus menjabat Duta Investasi Presiden RI untuk Jepang. Selain itu, beliau juga pernah menjabat sbeagai Menteri Perdagangan RI tahun 2014-2015.