Surabaya, pens.ac.id – Tim Tulibot dari mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), berhasil meraih first runner up dalam ajang Microsoft Imagine Cup 2020. Kompetisi diselenggarakan di Kampus PENS melalui video conference yang semula berada di Singapura, rabu (19/02). Tim yang beranggotakan M. Alan Nur, Yudha Sadewa dan Namira Rizqi Annisa ini menciptakan alat yaitu smart glove dan smart glasses.

“Jadi Tulibot mempunyai dua platform yang bertujuan untuk membantu teman-teman disabilitas dalam berkomunikasi dengan masyarakat umum yang belum banyak mengetahui bahasa isyarat”. Ujar Alan.

Alan menuturkan untuk penggunaan smart glasses itu merubah suara menjadi sebuah teks dan kemudian di tampilkan di kacamata. Kemudian penyandang disabilitas bisa melihat subtitle atau terjemahan dari obrolan. Sedangkan smart glove merubah bahasa isyarat menjadi suara. Sebelum diadakan kompetisi Microsoft Imagine Cup 2020 Tim Tulibot juga memperagakan bagaimana cara kerja dari alat tersebut kepada teman-teman disablitas.

Sementara itu, poin penting pada saat presentasi tim Tulibot tidak hanya memperkenalkan alat tersebut dari segi manfaat maupun penggunaannya. Namun juga dilihat dari segi strategi penjualannya seperti apa. Artiarini Kusuma Nurindiyani M.T salah satu pembimbing tim Tulibot mengatakan pencapaian dari tim Tulibot sudah luar biasa mengingat persiapan yang dilakukan hanya enam bulan.

“Kita mensupport salah satunya kekompakan tim, hal itu adalah cara untuk kita menggali komunikasi antara tim itu bagaimana” Kata Artiarini.

Untuk kedepannya, Tulibot ini tidak hanya berhenti dikompetisi, namun bisa di implementasikan untuk penyandang disabilitas dan juga bisa mendapat manfaat dari alat tersebut.