Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2020 telah memasuki hari keempat. Jumat (20/11), robot perwakilan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, yakni EEPIS Robot Soccer (EROS) menjalani babak penyisihan awal. Bertempat di Ruang Robotika Lantai 2 Gedung D3 PENS, ERSOW kembali menurunkan kedua robotnya, kali ini EROS menjalani tiga laganya pada kategori Lomba Kerjasama Robot (LKR).

Menjadi tim cyan pada pertandingan pertamanya, EROS berhadapan langsung dengan tuan rumah yakni Dago Hoogeschool dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sukses suguhkan penampilan terbaiknya, EROS dapat menyelesaikan misinya dengan cukup mudah. Dago Hoogeschool harus mengakui keunggulan EROS yang berhasil menang telak dengan skor 8-0.

Usai berikan kemenangan telak pada putaran yang pertama, EROS dari tim cyan kembali disandingkan dengan delegasi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yakni ICHIRO. Kali ini, EROS menurunkan kedua robotnya yang bernama Bambang dan Capt. Bejo. Sempat alami kendala pada saat pertandingan berlangsung, rupanya EROS harus mengakui keunggulan tim lawan dengan skor 8-4 dan kemenangan untuk ICHIRO.

Pada pertandingan terakhirnya, EROS masih terus berjuang untuk dapat tampil maksimal.  Berlangsung secara sengit antara kedua tim, EROS dan R-SCUAD dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sukses suguhkan pertandingan yang menarik pada siang hari ini. Meski sempat menyamakan kedudukan, namun EROS kembali harus menelan kekalahan dengan skor akhir 6-5. Hasil ini, membuat EROS menduduki peringkat ketiga klasemen grup dan tidak dapat lanjut pada babak perempat final.