Surabaya, pens.ac.id – Sabtu (21/11), Eepis Robot Soccer (EROS) kembali berlaga pada babak final perebutan juara 3. Bertanding pada kategori Lomba Lari (LL) 12 meter, EROS disandingkan dengan ICHIRO dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pada kesempatan ini, EROS harus mengakui keunggulan ICHIRO dengan perhitungan waktu yang cukup tipis antara keduanya.

Berlangsung di Ruang Robotika Lantai 2 Gedung D3 PENS, EROS menempati tim cyan pada perlombaan kali ini. Robot Delegasi PENS ini berhasil tampil dengan apik meskipun menelan kekalahan dengan catatan waktu 37,82 detik. Berbanding tipis dengan lawan dari tim magenta yakni ICHIRO dari ITS dengan catatan waktu yakni 37, 81 detik.

Pada perhelatan kompetisi kali ini sempat terjadi sebuah jeda cukup lama untuk menentukan juara 3 pada kategori Lomba Lari (LL), berhubung kedua robot ini berjalan dengan apik dan selaras bersama hingga diujung garis finis. Akhirnya juri memutuskan dan melakukan reka ulang beberapa kali untuk bisa menentukan juara sesungguhnya. Ternyata dapat dilihat bahwa perbedaan antara keduanya hanya 0,2 detik. Hal ini membuat tim delegasi PENS yakni EROS harus berbesar hati untuk menempati juara harapan pada kategori Lomba Lari (LL) Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indoensia (KRSBI) Humanoid 2020.