Surabaya, pens.ac.id – Kompetensi mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dalam bidang robotik memang sudah tidak diragukan lagi. Kali ini dua mahasiswa PENS berhasil mengharumkan Indonesia dalam Worldskills International Online Mobile Robotics Skill Challenge yang diadakan oleh Studica Robotics secara online selama empat hari (14-17/6). Delegasi PENS berhasil bertengger pada peringkat enam dan mendapatkan penghargaan Certificate of Excellence pada kompetisi yang diikuti oleh 17 partisipan dari berbagai negara ini.

Sebelum bertanding, delegasi PENS yang beranggotakan Kevin Rafi Kurniawan, mahasiswa Teknik Komputer, dan Andreas Dani Nata yang merupakan salah satu mahasiswa Teknik Mekatronika mengikuti Training Center (TC) yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI)  pada September hingga Desember tahun lalu. Setelah dinyatakan lolos seleksi, Kevin dan Andreas mengikuti kompetisi ini sebagai salah satu bentuk persiapan dalam lomba WorldSkills Shanghai 2022 nanti. Tidak hanya itu, kompetisi ini juga merupakan ajang untuk evaluasi diri bagi delegasi PENS agar dapat berbenah dan mempersiapkan sebaik mungkin untuk kompetisi di tahun depan.

Kesulitan dalam membagi waktu untuk kuliah dan mengikuti kompetisi, rupanya bukan menjadi penghalang bagi Kevin dan Andreas untuk dapat mengikuti kompetisi dengan maksimal. “Kami harus mempersiapkan kompetisi sebaik mungkin dengan mengatur jam aktif kerja kami setelah kuliah. Ketika sudah mendekati jam malam, kami pulang dan lanjut mengerjakan tugas agar tidak menumpuk,” ujar Kevin. Tidak hanya itu, dukungan penuh dari pihak kampus baik dari dosen pembimbing hingga berbagai fasilitas yang mendukung juga turut diberikan.

Dengan mendapatkan gelar Certificate of Excellent dan peringkat 6 dunia, diharapkan bisa menjadi acuan bagi Kevin dan Andreas untuk bisa meraih prestasi lebih tinggi. Kevin berpesan untuk mahasiswa PENS yang ingin atau akan mengikuti perlombaan agar tidak ragu terhadap kemampuan dan potensi diri masing-masing. “Jangan ragu dengan kemampuan dan potensi diri kalian. Selama yakin diikuti dengan usaha serta doa, insyaallah akan mendapat hasil yang maksimal.” pungkasnya.