Surabaya, pens.ac.id – National Polytechnic English Olympic (NPEO) 2021 telah usai diselenggarakan secara daring selama tiga hari terhitung sejak Selasa (15/6). Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengirimkan sebanyak 10 delegasi mahasiswa dan berhasil membawa pulang berbagai penghargaan pada masing-masing bidang perlombaan. Tidak hanya itu, dalam kompetisi yang dituan rumahi oleh Politeknik Negeri Semarang ini, PENS dinobatkan sebagai 3rd Best Institution in NPEO 2021 dengan memperoleh 279 poin.

Merupakan ajang kejuaraan tahunan mahasiswa politeknik nasional di bidang Bahasa Inggris, NPEO kali ini dilaksanakan pada platform digital secara perdana akibat adanya pandemi Covid-19. Ajang kompetisi ini terbagi menjadi lima kategori yakni Debate, Speech, Storytelling, News Casting, dan Writing. Mengusung tema “Gaining Language Competence for Better Life”, terdapat tiga tahapan yang harus dilalui para peserta diantaranya dua babak preliminary dan final.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Kontingen PENS untuk meraih hasil terbaik. Mahasiswa yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi internal ini diberikan bimbingan dan pelatihan secara intensif untuk memaksimalkan performanya saat hari pelaksanaan. Menurut Muhammad Jawad Ali Habshi, salah satu peserta kategori Speech, waktu persiapan tahun ini lebih singkat dibandingkan tahun sebelumnya sehingga menjadi tantangan baginya, terutama dalam mempersiapkan script dan performa. “Tetapi kami sangat bersyukur mempunyai pembina dan coach yang selalu memberi masukan dan arahan selama proses persiapan tersebut, jadi meskipun waktunya minimum tetapi penampilan finalnya maksimum,” ungkapnya.

Adanya wabah Pandemi Covid-19, ternyata tidak menyurutkan semangat delegasi dalam mencetak prestasi dalam NPEO 2021. Dua perwakilan dalam kategori Storytelling yakni Putri Ayu Nisa Az-Zahra dan Annissa Lidya masing-masing berhasil menduduki posisi Champion Masters dan 2nd Runner Up Masters. Pada kategori News Casting, terdapat Adella Delvina yang berhasil meraih 4th Runner Up dan Nindy Puspita Dewi juga turut mendapatkan gelar Top 10 Masters Finalist.

Selain itu dalam kategori Speech, terdapat dua mahasiswa yang sukses meraih gelar juara, yakni Namira Rizqi Annisa sebagai Champion Novice dan Muhammad Jawad Ali Habshi selaku 2nd Runner Up Novice Speech. Pada bidang Writing, Asmaralda Laksmi Firdausi berhasil memperoleh gelar Top 10 Masters Finalist. Kategori terakhir yaitu Debate Team yang beranggotakan Abdul Hakim Azis dan Rayhan Munir Wibowo berhasil masuk ke dalam Semifinalist of Masters Debate serta Abdul Hakim Azis yang meraih gelar 3rd Best Speaker Masters Debate. Dengan diraihnya beragam penghargaan NPEO 2021, berharap kedepannya prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa PENS untuk mengharumkan nama kampus dengan mengikuti berbagai kompetisi.