Surabaya, pens.ac.id – Gelaran tahunan Final Project Competition (FPC) tahun ini kembali dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference. Kegiatan yang wajib diikuti oleh para mahasiswa PENS tingkat akhir ini bertujuan untuk memberikan apresiasi pada karya proyek akhir para pesertanya. Ajang ini sukses dilaksanakan selama dua hari terhitung sejak Senin (2-3/8) dengan total 700 karya.

Meski sudah dua kali dilaksanakan secara daring, kegiatan ini tetap disambut antusias oleh para peserta. Kegiatan hari pertama diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Hymne PENS. Selanjutnya terdapat sambutan dari Presiden BEM 2021, yaitu  Ade Triyas Ramanda. Pada kesempatan kali ini, turut hadir Direktur PENS Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D untuk membuka kegiatan. Kegiatan hari pertama ditutup dengan penampilan tari tradisional oleh UKM Tari.

Penilaian oleh juri dilakukan sejak hari pertama hingga hari kedua pada pukul 11.00 WIB. Terdapat sejumlah 32 juri turut andil dalam menilai karya para peserta. Kegiatan hari kedua diawali dengan pembukaan oleh master of ceremony dan sambutan oleh Fairuz Iftinan Dycha sebagai Ketua Panitia FPC 2021. Wakil Direktur III PENS yakni Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T. turut hadir dan menyampaikan sambutannya. Tri Budi berharap karya-karya yang telah dibuat oleh para mahasiswa nantinya akan bermanfaat kedepannya. Sebagai penutup kegiatan sebelum pembacaan pemenang, terdapat acara hiburan oleh UKM musik.

Para peserta berasal dari seluruh jenjang yang terdiri 291 mahasiswa jenjang D3, 388 mahasiswa jenjang Sarjana Terapan (D4), dan 21 mahasiswa jenjang Magister Terapan. Dari banyaknya peserta, pemenang diambil dari tiga karya terbaik pada masing-masing program studi. Salah satu pemenang yakni Yudha Sadewa yang berhasil meraih Juara Pertama dari Program Studi D4 Teknik Mekatronika. Yudha mengungkapkan bahwa dirinya sangat bangga dapat mengikuti kompetisi tersebut karena sebagai penghargaan atas kerja kerasnya selama ini.

Walaupun ditengah pandemi saat ini, para mahasiswa dengan proyek akhir masing-masing sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dengan adanya ajang FPC ini diharapkan mampu memberikan apresiasi yang lebih untuk para mahasiswa tingkat akhir yang telah menyelesaikan proyek akhir. Harapan utama untuk para peserta yang mengikuti FPC tahun ini adalah agar proyek akhir mereka dapat bermanfaat untuk masyarakat.