Surabaya, pens.ac.id – Tim Dirgantara Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai melaksanakan flight test sebelum mengikuti Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021 yang akan digelar selama enam hari (15-20/11). Dalam ajang bergensi ini, PENS mengirimkan sembilan perwakilan terbaiknya yakni Tim EARO divisi Racing Plane (RP), Tim ESPYRO divisi Fixed Wing (FW), Tim EMIRO divisi Vertical Take-Off Landing (VTOL), dan enam Tim EFRISA divisi Technology Development (TD). Pelaksanaan flight test terdiri dari dua tempat diantaranya Tim EARO dan ESPYRO bertempat di Desa Sendang Laok, Madura, sedangkan dua tim lainnya di area PENS.

Flight test dilakukan masing-masing sub divisi guna menguji kestabilan robot dan alat hasil riset ketika dijalankan. Apabila robot dirasa sudah stabil, maka perangkat tersebut sudah siap untuk berlaga dalam KRTI 2021. Flight test yang dilakukan oleh masing-masing delegasi disesuaikan pertandingan divisi yang diikuti saat kompetisi. Tim EFRISA dari sub divisi Propeller melakukan flight test dengan menguji daya angkat baling-baling robot untuk bisa terbang.

Setelah flight test usai, dosen pembina dari masing-masing divisi akan memberikan evaluasi, masukan dan arahan kepada seluruh anggota tim agar dapat mengikuti kompetisi dengan baik. “Sebelumnya kami sudah melakukan flight test beberapa kali. Agar hasilnya lebih optimal, kami tetap melakukan flight test satu hari sebelum pertandingan untuk yang terakhir kali,” pungkas salah satu anggota Tim EFRISA, Farid Abdul Aziz.