Surabaya, pens.ac.id – Kegiatan PENS GOES TO VILLAGE merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang dilaksanakan pada tanggal 29 – 31 Oktober 2021 dan 5 – 7 November 2021. Kegiatan ini dilaksanakan Dusun Lebaksari, Desa Rejosar, Jatirejo, Mojokerto. Terdapat dua macam kegiatan PENS GOES TO VILLAGE (PGTV), yakni yang pertama pengabdian tentang pendidikan dan kesehatan, serta yang kedua tentang ekonomi.

Pada kegiatan pertama tentang pendidikan dan kesehatan, BEM PENS melakukan pengenalan teknologi ke siswa-siswi SD setempat dan BEM PENS melakukan pembangunan MCK umum yang diperuntukkan warga sekitar, serta mengadakan medical check up kesehatan untuk warga Desa Rejosari. Medical check up kesehatan tersebut meliputi cek tekanan darah, tes darah ( untuk kolesterol, diabetes, dan asam urat ).

Pada kegiatan kedua tentang sosialilasi pengembangan ekonomi dalam bidang UMKM, BEM PENS memberi edukasi mengenai pengolahan komoditas yang ada di desa terutama bambu karena sebagian besar warga desa dapat memenfaatkan bambu dan kopi ini. Bila nantinya bambu dan kopi ini dapat diubah menjadi alat atau bahan siap pakai dan juga produk jadi kopi setelah diolah oleh warga Desa Rejosari, maka pendapatan atau tingkat ekonomi warga desa akan perlahan membaik dan menjadi desa yang dapat berkembang. Sehingga, nantinya akan dilakukan pengedukasian mulai dari penambahan wawasan dengan adanya seminar untuk warga desa, pemberian peralatan yang dibutuhkan masyarakat desa sampai pelatihan pelatihan yang akan diadakan oleh PENS untuk Masyarakat Desa Rejosari.