Surabaya, pens.ac.id – Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) diikuti oleh empat delegasi PENS selama satu pekan (21-27/11). Sebanyak tiga mahasiswa berhasil memperoleh gelar juara yakni Andro Aprilia, Ujang Supriyadi, dan Fatimah Nurul Izza. Selain beberapa kampus dari Indonesia, kegiatan ini juga diikuti oleh negara China, Aljazair, dan negara lainnya secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference.

Perhelatan International Students Conference on Creative Industry (ISCCI) merupakan agenda rutin tiap tahun berupa Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh mahasiswa berbagai kampus Internasional. Tahun ini, ISCCI mengangkat tema “Creative Industry After Pandemic” dengan inti kegiatan yakni pengumpulan ide inovasi melalui karya ilmiah berbentuk esai dan presentasi. Selama periode kegiatan berlangsung, seluruh peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi sesuai topik yang diangkat.

Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, empat delegasi PENS melakukan persiapan individu melalui pembuatan esai dan pelatihan bersama dengan Mochamad Hariadi, ST., M.Sc., P.hD. yang merupakan senior dari Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE). Melalui berbagai persiapan tersebut, Andro Aprilia berhasil menduduki peringkat kedua Best Essay, Ujang Supriyadi memperoleh peringkat kedua dalam FGD, dan Fatimah Nurul Izzah mendapatkan peringkat ketiga FGD. Selain itu, Marvel Nathanael juga turut mengikuti konferensi nasional ini sebagai delegasi PENS.

Seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung secara online sempat menjadi kendala dalam hal komunikasi, namun dari seluruh peserta tetap mampu mengatasinya dengan aktif dalam berdiskusi maupun memberikan masukan ide pengembangan. Meskipun sempat ragu dengan perolehan juara karena menyaksikan potensi mahasiswa negara lain juga cukup unggul, namun delegasi PENS tetap mampu membawa kebanggaan bagi kampus. “Prestasi bukan hanya soal menang dalam kompetisi namun prestasi yang sesungguhnya adalah dia yang mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya,” ungkap Ujang salah satu delegasi PENS dalam ISCCI. Ujang juga berharap agar kedepannya lebih banyak prestasi yang muncul dari mahasiswa PENS.