Gresik, pens.ac.id – Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat Sosialisasi Produk Smart Light Trap Insect pada Rabu (22/12). Kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gresik dan dilaksanakan di Desa Sumengko, Kabupaten Gresik. Produk hasil rancangan mahasiswa Teknik Elektro Industri PENS tersebut diluncurkan sebagai wujud dari pengabdian masyarakat.

Dr. Mike Yuliana, S.T., M.T., sebagai Ketua Pelaksana Sosialisasi P3M PENS, membuka sesi sambutan dengan mengungkapkan kebanggaannya terhadap mahasiswa yang turut serta membangun masyarakat dengan karyanya. “Semoga produk Lampu Cerdas Perangkap Hama Serangga mampu efektif dan efisien sehingga dapat dimanfaatkan oleh Dinas Pertanian Gresik bahkan dapat diperbanyak ketersediaan produknya,” harap Dr. Mike. Tidak hanya itu, Dr. Mike juga menyarankan Kepala Dinas Pertanian Gresik untuk mencoba produk tersebut dan siap membantu apabila terdapat permasalahan.

Darni Mawati sebagai salah satu Penyuluh Pertanian Kecamatan Duduk Sampeyan turut ikut menyajikan materi mengenai sosialisasi Produk Lampu Cerdas Perangkap Hama Serangga ini. Materi disampaikan melalui media video yang menerangkan bahwa Smart Light Trap Insect (Lampu Cerdas Perangkap Hama Serangga) merupakan suatu unit alat untuk menangkap atau menarik perhatian serangga dengan cahaya pada waktu malam hari. Produk ini juga dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan atau jumlah populasi serangga yang ada di lahan pertanian. Adapun hama yang bisa dikenali yakni kupu-kupu, sengat penggerek batang, orong-orong, kepiting tanah, dan lain-lain.

Seluruh hadirin sosialisasi berpindah ke sawah terdekat untuk langsung mencoba produk Smart Light Trap Insect. Pemasangan sembilan produk dilakukan secara Langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, yakni Ir. Eko Anindito Putro, M.M.A., didampingi oleh rekan-rekan Penyuluh Sobat Petani lainnya. Terdapat pula pemberian cindera mata oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gresik kepada P3M PENS.

Dr. Mike selaku ketua pelaksana Sosialisasi P3M PENS berharap bisa terus mengembangkan produk ini agar dapat menjangkau hama lain yang merugikan seperti burung pipit dan tikus. “Mungkin itu untuk inovasi bagaimana ke depannya. Ditambah lagi saat ini produk Smart Light Trap Insect akan kami hibahkan secara gratis sejumlah sembilan unit,” ucapnya. Diharapkan setelah dilakukan sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih maju dengan memanfaatkan alat yang lebih modern, efektif, efisien, hemat, dan ramah lingkungan.