Surabaya, pens.ac.id – Departemen Teknik Informatika dan Komputer (DTIK) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan PENS Start Up Festival (PENS Fest) 2022 selama tiga hari. Terhitung sejak Jumat (7-9/1), kegiatan ini sukses berjalan dengan lancar dan mendapatkan total pengunjung sebanyak 2.359 orang. Pameran virtual ini turut dihadiri oleh Dr. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc. selaku Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. Benny Bandanadjaya, S.T., M.T. selaku Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, dan Direktur Politeknik dari seluruh Indonesia.

PENS Fest merupakan pameran virtual produk teknologi inovatif karya para mahasiswa tahun ketiga Teknik Informatika dan Teknik Komputer sekaligus kompetisi antar tim mahasiswa. Selain memamerkan ide kreatif mahasiswa dalam bentuk software, PENS Fest juga menyediakan stan-stan khusus untuk sejumlah UMKM, Politeknik, dan seluruh program studi yang ada di PENS. SimHive yang menjadi salah satu sponsor dari pameran ini membawakan konsep dunia virtual sehingga para pengunjung dapat merasakan mengunjungi kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan kampus. Tersedia beberapa fitur canggih dalam Platform SimHive yaitu chatting dengan Product Owner (PO), memilih empat hall pameran yang tersedia, menonton talkshow di auditorium, berfoto bersama dengan pengunjung lain, dan melihat detail stan yang diinginkan.

Rangkaian acara PENS Fest pada hari pertama yakni pembukaan pameran, sambutan dari beberapa pejabat tinggi, serta talkshow bersama UMKM dan sponsor. Dilanjutkan pada hari kedua terdapat talkshow bersama alumni PENS dan wawancara politeknik yang mengikuti PENS Fest 2022. Hari ketiga merupakan puncak acara dimana para tim pemenang dari berbagai kategori lomba yang diumumkan oleh juri. Kategori pemenang tersebut dibedakan sesuai jenjang dan program studi mahasiswa.

Para partisipan mahasiswa berasal dari D4 Teknik Informatika, D3 Teknik Informatika, D3 Teknik Informatika PSDKU, dan D4 Teknik Komputer. Kegiatan PENS Fest 2022 mendapatkan apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak karena telah mendorong para mahasiswa untuk membuat produk inovatif sebagai hasil belajar. “Kami mengapresiasi PENS yang telah menginisiasi kegiatan yang luar biasa ini. Saya harap mahasiswa tidak membuat produk untuk pameran ini saja, tapi dilanjutkan hingga menjadi produk jadi yang siap dipasarkan,” Pesan Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi.