Surabaya, pens.ac.id – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat sosialisasi mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Kamis (13/1). Ida Anisah, S.T., M.T. selaku Koordinator Bidang Penalaran dan Pembina PKM PENS menjadi pemateri pada sosialisasi ini. Dilaksanakan secara daring melalui Zoom Video Conference, sosialisasi tersebut terbuka untuk mahasiswa PENS dan berhasil terlaksana dengan baik.
Kegiatan sosialisasi PKM dibuka tepat pukul 09.00 WIB oleh master of ceremony. Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T. selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia PENS turut hadir di sosialisasi ini untuk menyampaikan sambutannya. “Seorang mahasiswa yang berkualitas tidak akan diakui apabila tidak memiliki cirinya, yakni mempunyai karya,” ucap Dr. Tri Budi.
Memasuki inti kegiatan yakni pemaparan materi oleh Ida Anisah, S.T., M.T. selaku pembicara. Ida menjelaskan mengenai PKM ini secara lengkap, mulai dari pengertian, jenis, kriteria, hingga penyusunan proposalnya. Tidak hanya itu, pemateri juga menjelaskan secara jelas dan rinci mengenai tahap-tahap PKM menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS). Setelah pemaparan materi, terdapat sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya partisipan kegiatan sosialisasi mengajukan pertanyaan selama agenda tersebut berlangsung.
Usai menjawab semua pertanyaan peserta, Ida pun menutup sesi materi dengan kalimat-kalimat motivasinya. “Jadilah mahasiswa yang kreatif, berkontribusi untuk masyarakat, dan taat pada aturan. Karena itulah kunci dari PKM menuju PIMNAS,” pesannya. Walaupun terkendala oleh kuota Zoom Video Conference yang hanya dapat menampung maksimal 300 peserta, besar harapan panitia setelah kegiatan sosialisasi PKM tersebut terlaksana akan banyak mahasiswa PENS yang mengajukan proposal dan lolos hingga tahap pendanaan.