Surabaya, pens.ac.id – Johan Roi Setiawan, mahasiswa Teknik Mekatronika 2021 berhasil mengharumkan nama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada kompetisi yang dihelat oleh Bakorma (Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia). Bernama National CAD CAM Competition 2022, kegiatan tersebut berlangsung di Politeknik Negeri Bandung pada Rabu (7-8/12). Johan sukses meraih Juara 1, mengalahkan delegasi-delegasi dari seluruh politeknik dan PT Vokasi di Indonesia dengan bimbingan Novian Fajar Satria, S.T., M.T.

Tahun 2022 ini merupakan tahun pertama PENS mengirimkan delegasi pada NCC Competition. Lomba tersebut mengharuskan seluruh partisipan untuk membuat desain dan memprogramnya dalam mesin CNC, serta mengeksekusinya hingga menghasilkan output produk yang sesuai. Walaupun dengan persiapan yang tergolong minim, Johan mampu mendesain dan membuat produk jam tangan dengan maksimal pada pagelaran final sehingga keluar sebagai Juara 1.

Diharapkan setelah adanya pembuktian dari Johan ini, PENS dapat terus mengirimkan delegasinya untuk mengikuti berbagai perlombaan walaupun di luar bidang elektro. Karena dengan adanya kemauan, PENS tidak akan lepas dari julukan Kampus Tradisi Juara. “Sangat tidak menyangka dan pastinya bangga dapat mengalahkan kampus-kampus lain yang bahkan lebih mempelajari mengenai CAD dan manufaktur, apalagi dengan persiapan saya yang apa adanya,” ungkap Johan.