Surabaya, pens.ac.id – Program Studi S2 Terapan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai melakukan kegiatan Pengabdian untuk Masyarakat (PKM) yang bertajuk “Workshop Pemrograman Arduino untuk Siswa SMK” di SMK Negeri 2 Bangkalan. Perwakilan PENS dalam kegiatan tersebut membawakan hasil karya inovasi berupa perangkat bantu pembelajaran untuk digunakan di laboratorium SMK Negeri 2 Bangkalan, yaitu perangkat sistem embedded berbasis arduino dan dilengkapi dengan beberapa sensor. Pengabdian kepada masyarakat kali ini bertujuan untuk membantu pengembangan kemampuan dan keterampilan siswa SMK dalam bidang embedded berbasis arduino guna mempersiapkan siswa ke jenjang pendidikan lanjut, meningkatkan kepedulian dan peran perguruan tinggi dalam bidang pendidikan berbasis keilmuan teknologi, serta mendukung upaya pemerintah dalam pemerataan pendidikan dan teknologi.
Berlangsung pada hari Rabu (25/5), kegiatan PKM ini diawali dengan survei lapangan untuk mencari dan merumuskan permasalahan yang ada di SMK Negeri 2 Bangkalan. Kemudian tim mengumpulkan dan melakukan uji coba peralatan yang cocok sebagai bahan belajar awalan untuk melakukan embedded system berbasis arduino. Setelah hasil uji coba menyatakan layak digunakan, maka kegiatan pengabdian di lapangan dilakukan dengan serah terima peralatan yang berupa arduino kit yang terdiri dari Arduino Uno, sensor, dan aktuator. Tim PkM juga mengadakan beberapa pelatihan singkat kepada sebagian guru dan siswa untuk penggunaan peralatan tersebut.
“Sebagai rencana kedepannya, tim akan mengembangkan terus perangkat yang akan diberikan kepada sekolah sehingga siswa dapat melanjutkan praktik dan implementasi sistem embedded di berbagai bidang kehidupan, sehingga dapat bermanfaat dalam kebutuhan teknologi sehari-hari,” ujar salah satu anggota tim. Diharapkan setelah adanya kegiatan ini, siswa siswi SMK Negeri 2 Bangkalan memperoleh ilmu baru yang berguna dan dapat meningkatkan kemampuan mereka di bidang teknologi.