Surabaya, pens.ac.id – Dua mahasiswa prodi Teknik Informatika PENS 2021 yang tergabung dalam Tim EHAC yakni Ahmad Shonhaji dan M Ilham Adi Pratama sukses menyabet juara 1 kategori web developer pada kompetisi INVEST. Kompetisi yang digelar oleh Institut Teknologi Telkom Purwokerto tersebut berlangsung secara daring pada Sabtu (7/1), dilanjutkan dengan pengumuman juara pada Minggu (8/1). Sehat Chain, nama aplikasi website yang dikembangkan oleh Tim EHAC ini merupakan aplikasi pencatatan rekam medis elektronik berbasis blockchain guna menjaga keamanan integritas data.

Latar belakang dikembangkannya Sehat Chain sebab melihat dari fakta di lapangan banyak fasilitas kesehatan yang melakukan pencatatan rekam medis secara manual. Sistem manual menurut Soni, sapaan akrab mahasiswa Teknik Informatika ini, tidak efisien dan banyak memakan waktu. Selain itu, keamanan data pasien tidak terjaga sehingga terjadi kebocoran data. Sehat Chain hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan mengintegrasikan data rekam medis di fasilitas kesehatan.

Alur dari pelaksanaan lomba dimulai dari mengembangkan aplikasi website yang siap pakai, membuat proposal lomba, hingga presentasi di hadapan dua dewan juri melalui Zoom Video Conference. Selama berkompetisi, Tim EHAC terdorong untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam membuat fitur, desain, dan kegunaan aplikasi. Kerja keras tim terbayar kontan pada hari pengumuman awarding, Soni dan Ilham berhasil menjadi tim terbaik kategori web developer. “Penghargaan ini sangat berarti bagi kami, merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bisa menjadi juara 1. Terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah mendukung,” papar Soni.