Surabaya, pens.ac.id – Kejuaraan Kota Surabaya 2023 yang diadakan oleh Taekwondo Indonesia bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim di Gelanggang Remaja Tambaksari telah usai. Pada ajang tersebut, atlet Taekwondo Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil membawa pulang 11 medali dengan rincian 6 medali perak dan 5 medali emas. Pengumuman pemenang dan penyerahan medali dilakukan pada hari Minggu (12/3). 

Dalam ajang ini, para atlet Taekwondo PENS menunjukkan performa terbaik mereka dengan mengalahkan peserta dari klub-klub taekwondo lainnya di Kota Surabaya. Beberapa atlet yang berhasil meraih medali perak, antara lain Egi Roivasya Rahman, M. Athaya Abista, Edwin Tri Ramadhani, dan Diki Candra Kusuma selaku mahasiswa Sistem Pembangkit Energi (SPE), Mustofa Haikal selaku mahasiswa D3 Teknik Informatika (TI), serta Rauel Bram Saputra Utama selaku mahasiswa D3 Elektro Industri (Elin). Sementara itu, atlet-atlet yang berhasil meraih medali ema,s yaitu Riyadh Hadinah Ahtar Lakadimu dan Rut Dayanti selaku mahasiswa Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet (TRI), Muhamad Haidarudin Selaku mahasiswa Sarjana Terapan Elektro Industri (Elin),  Rizqa Amalia Ananda selaku mahasiswi Telekomunikasi (Telkom), dan Surya Sapta Adi Nugraha Selaku mahasiswa D3 Teknik Elektronika (Elka).

Motivasi terbesar mereka menggeluti bidang taekwondo dikarenakan olahraga ini memiliki ciri khas tersendiri, terutama dalam gerakan yang menekankan pada penggunaan kaki. Selain itu, bela diri secara umum dikenal dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan mental yang lebih baik, sehingga dapat membantu menghadapi ketakutan yang ada dalam diri sendiri. Haidar, selaku Ketua tim Taekwondo PENS, memberikan pesan kepada mahasiswa PENS untuk selalu melakukan hal-hal terbaik yang dapat membanggakan kampus tercinta. “Pesan saya selagi kita menjadi mahasiswa PENS, selalu lakukan hal-hal terbaik untuk bisa  membanggakan kampus tercinta, seperti tradisi yang kita ketahui yakni sebagai kampus tradisi juara sepatutnya kita bisa membanggakan nama PENS diluaran sana,” ujarnya.

Kejuaraan Kota Surabaya 2023 diharapkan dapat menjadi ajang yang semakin memacu semangat para atlet dalam mengembangkan bakat dan kemampuan mereka dalam olahraga taekwondo. Semoga prestasi yang telah diraih oleh para atlet Taekwondo PENS dapat menjadi inspirasi bagi atlet-atlet lainnya.