Surabaya, pens.ac.id – Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi usai melaksanakan Workshop Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) tahun 2023 batch V. Berlangsung di Ruang Mini Teater Lt. 6 Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kegiatan tersebut dihelat pada Senin (19/6). Dalam workshop tersebut turut hadir Dr. Ir. Kiki Yuliati M.Sc. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbudristek) Republik Indonesia, serta Dr. Beny Bandanadjaja ST., MT. selaku Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh sejumlah narasumber dari politeknik negeri dan politeknik di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI dan VII.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Master of Ceremony (MC) pada pukul 09.00 WIB, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Turut hadir dan memberikan sambutan, Ali Ridho Barakbah S.Kom, Ph.D., selaku Direktur PENS. Dalam sambutannya Ali Ridho mengenalkan berbagai inovasi dan kegiatan mahasiswa PENS yang merupakan implementasi dari workshop yang dihelat. Kemudian dilanjutkan dengan pengantar kegiatan workshop model pembelajaran PBL tahun 2023 yang di sampaikan oleh Dr. Beny Bandanadjaja ST., MT.

Arahan dan pembukaan workshop mengenai model pembelajaran PBL disampaikan oleh Dr. Ir. Kiki Yuliati M.Sc. Dalam sambutannya, Kiki Yuliati menyampaikan bahwa tujuan dari PBL ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah, memperoleh kemampuan dan keterampilan baru, serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan bahan atau alat dalam menyelesaikan masalah, terutama dalam konteks Project Based Learning.

Workshop dilanjutkan dengan pemaparan produk unggulan PBL masing-masing Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPPV). Diantarannya ialah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Dr. Ir. Kiki Yuliati M.Sc. bersama dengan seluruh narasumber serta peserta workshop melakukan kunjungan pameran produk unggulan PTPPPV di depan Mini Theater Lt. 6 Gedung Pascasarjana PENS. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Final Project Competition (FPC) di Ruang Auditorium Lt-6 Gedung Pascasarjana PENS. “Pembelajaran itu harus menyenangkan, dengan PBL ini kita berharap mahasiswa dapat belajar dengan menyenangkan sehingga mampu menciptakan karya-karya terbaik” ujar Kiki Yuliati.