Surabaya, pens.ac.id – Java Robot Contest (JRC) kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Teknik Elektronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk yang ke-11 kalinya. Gelaran tersebut berlangsung selama 2 hari mulai Sabtu sampai dengan Minggu (4-5/11). Bertemakan “The Spectacular of Pewayangan Indonesia (SWASA)”, kompetisi tersebut diikuti oleh 192 tim dari jenjang SD, SMP, SMA, hingga umum. Hall Gedung D4 PENS menjadi tempat berlangsungnya kelima cabang kompetisi, yakni Robot Transporter Manual, Robot Maze Solving, Robot Transporter Shooter, Robot Line Followers Mikro, dan Sumobot. Kompetisi ini juga dapat disaksikan melalui akun YouTube JRC.

JRC merupakan Kompetisi robot tahunan yang diadakan oleh Hima Teknik Elektronika. JRC bukan sekadar ajang kompetisi robot, melainkan juga sebagai wadah bagi peserta untuk mengembangkan kemampuan dan wawasan di bidang robotika sekaligus memperkenalkan Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektronika kepada masyarakat luas.”Tujuan dari kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan di bidang robotika. Selain itu, JRC juga menjadi sarana untuk memperkenalkan PENS, khususnya Program Studi Teknik Elektronika, kepada masyarakat luas,” Ujar Bhangga Ozhick Pangestu selaku Ketua Pelaksana JRC.

Tema “SWASA” yang terinspirasi dari Pewayangan Mahabharata memberikan nuansa keunikan tersendiri pada setiap kategori kompetisi. Pada kategori Robot Transporter Manual untuk jenjang SD dengan istilah “Rajasuya” diikuti oleh 68 tim, kategori Robot Maze Solving pada jenjang SMP dengan istilah “Aji Purnamajati” diikuti oleh 34 tim, dan kategori Robot Transporter Shooter pada jenjang SMA dengan istilah “Pasupati” diikuti oleh 14 tim. Sementara itu, dua kategori umum yaitu “Banyu Panguripan” (Robot Line Follower Mikro) diikuti oleh 39 tim, dan “Kurusetra” (Robot Sumo) diikuti oleh 37 tim. Peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi meskipun dihadapkan pada rintangan yang berbeda pada hari pertama dan kedua. Namun, pada kategori Robot Sumo dan Robot Transporter Shooter memiliki rintangan yang tetap sepanjang kompetisi.

Sesi penutupan JRC menjadi puncak kegiatan dengan pengumuman pemenang dari kelima cabang kategori, termasuk penghargaan untuk desain terbaik. Menariknya, berbeda dari semua kategori, kategori Robot Transporter Shooter mendapatkan penghargaan untuk strategi terbaik. Muhammad, selaku salah satu peserta memberikan pesan semangatnya,” Jangan pernah menyerah untuk berusaha, tetaplah bersemangat walau bagaimanapun kondisi yang ada karena usaha tidak akan menghianati hasil yang akan didapat,” Ujarnya. Keberhasilan gemilang yang diraih oleh para peserta tidak lepas dari peran penting dukungan guru pembimbing dan orang tua peserta yang turut hadir. Dengan berakhirnya kompetisi ini diharapkan pengalaman yang diperoleh dapat menjadi batu loncatan bagi peserta untuk terus mengembangkan passion dan keterampilan mereka di bidang robotika.