Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Universitas Negeri Surabaya (UNESA) usai mengadakan National Start-Up Competition 2023. Berlangsung selama enam minggu terhitung sejak ditutupnya pendaftaran pada Sabtu (30/9), kompetisi tersebut turut diikuti oleh salah satu start up binaan PENS Sky Venture, yakni RakitPC. Gagas Amukti, CEO RakitPC sekaligus mahasiswa Sarjana Terapan Teknik Informatika 2020 dipercaya untuk menjadi delegasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dalam perlombaan ini. Bertemakan “Optimizing Entrepreneurs as Creative Bussiness Innovators to Achieve Sustainable Development Through Start-Up for Indonesia 2045”, RakitPC sukses buktikan diri sebagai start up kreatif dan inovatif dengan perolehan predikat Juara 1 pada sesi awarding, Minggu (5/11).

National Start-Up Competition (NSC) merupakan kompetisi yang mewadahi kreatifitas para peserta guna menciptakan dan mengembangkan bisnis start up yang baru dirintis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital saat ini. Melalui Business Lean Canvas (BLC) yang dikumpulkan pada tahap pertama perlombaan, tim RakitPC berhasil unggul berkat rencana ide bisnis konkret yang mereka tuangkan. Selanjutnya tahap penilaian full paper hingga mock up product pun turut tim start up digital tersebut lewati dengan mudah. Keahlian RakitPC dalam mempresentasikan start up inovatifnya melalui PowerPoint bussiness pitching pada tahap final, berhasil membuat mereka berjaya dengan memperoleh Gelar Juara 1.

RakitPC adalah start up digital berupa platform pelayanan perakitan komputer yang menawarkan rekomendasi spesifikasi, simulasi perakitan, konsultasi gratis, serta pelayanan in home service. Bergerak di bidang affiliate marketing, RakitPC menjadi perantara yang menghubungan market komputer dengan calon pelanggan. Meski kehadirannya baru sekitar satu tahun, aplikasi RakitPC telah dipercaya oleh lebih dari 4.500 pengguna.

Disertai dukungan dari Mochamad Mobed Bachtiar, S.ST., M.T. selaku dosen pembimbing, tim RakitPC terus mempersiapkan diri untuk perlombaan ini selama sekitar satu bulan. Kurangnya kehadiran dari dua anggota tim RakitPC lain, tak menutupi semangat pria yang kerap disapa Gagas tersebut untuk membawa RakitPC memperoleh kemenangan. Gagas mengaku tak menyangka start up inovatifnya berhasil unggul setelah bersaing dengan beberapa start up besar lain yang jauh lebih berpengalaman. Harapan besar turut disampaikan oleh mahasiswa tingkat akhir Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika ini agar mahasiswa PENS dapat belajar memasarkan produk. “Harapannya tentu agar mahasiswa PENS tidak hanya pandai dalam membuat produk, namun juga dalam memasarkan dan menjual produknya,” tutup Gagas Amukti, CEO Founder RakitPC.