Surakarta, pens.ac.id – Tepat pukul 16.00 WIB, robot tengah memasuki lapangan untuk bersiap memperebutkan kejuaraan Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2024. Kegiatan tersebut disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), pada Jumat (5/7). Final sekaligus awarding ini menjadi penantian panjang setelah kompetisi yang penuh ketegangan, mulai Rabu hingga Jumat (3-5/7), sore ini. Kini, Tim EILERO, EROS, dan ERSOW sedang mempersiapkan performa terbaiknya untuk menghadapi babak final dan membawa kabar membanggakan bagi almamater. Keriuhan penonton tampak semakin memuncak di Edutorium UMS seiring dengan penampilan tim robot masing-masing perwakilan institusi. Perolehan kejuaraan pada penutupan dan awarding KRI Nasional 2024 tersebut menjadi akhir dari segala perjuangan serta diharapkan mampu mendorong semangat mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk terus menorehkan prestasi.

Usai melawan Tim EWS ANDROMEDA dari Universitas Diponegoro, Tim EILERO yang mewakili PENS memperoleh Juara 3 dengan keseluruhan poin 1650 dalam waktu 287 detik. Tak hanya itu, robot EILERO turut memegang posisi sebagai desain terbaik pada divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI). Dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-H), Tim EROS juga mendapat penghargaan pada kategori desain terbaik serta Juara Technical Challenge sekaligus menjadi Juara Harapan KRSBI-H. Selanjutnya, keindahan gerakan tari yang dilakukan secara ritmis oleh Tim ERISA juga menempati Juara 3 pada divisi Kontes Robot Tari Indonesia (KRSTI). Tak ketinggalan, gelar Juara 3 sukses diraih oleh Tim EMOSVER pada divisi Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI). Tim ERSOW yang mewakili divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B) sukses menyabet Juara 1 setelah pertandingan sengit yang berakhir penalti 4 : 2 melawan Tim MOBO EVO dari Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus meraih penghargaan pada kategori strategi terbaik. Sembilan capaian kejuaraan yang menjadi penutup KRI Nasional 2024 tersebut sukses membawa PENS menempati posisi Juara Umum 3.

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI), Andi Rizaldi, ST., M.M., menyampaikan sambutannya kepada para peserta KRI Nasional 2024. Menurutnya, teknologi robotika merupakan jendela menuju masa depan serta memiliki kekuatan untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Hal tersebut turut menjadi keyakinan bagi tim robot PENS. Namun, salah satu tim yang telah berjuang keras harus menerima hasil dari pertandingan KRI Nasional 2024, “kami mengalami kesulitan karena adanya perbedaan tema yang cukup jauh dengan kontes tahun lalu. Tantangan itu juga mencakup perbedaan kondisi saat latihan di kampus dengan arena pertandingan, seperti ukuran lapangan dan lighting yang cukup mempengaruhi robot kami. Kami berharap kedepannya prestasi bidang robotika ini bisa terus naik hingga meraih juara nasional,” tutur Revanya Dea Marsaa Kamilah selaku anggota Tim ETERNOS. Melalui penutupan KRI Nasional 2024 ini, Ir. Rois Fatoni, Ph.D., turut menitipkan pesan untuk para perintis muda di bidang robotika, “menang atau kalah Anda semua adalah juaranya. Teruslah belajar dan bekerja, sebab kalianlah yang kelak akan melanjutkan perjuangan bangsa tercinta ini dan menjadi pemimpin di era generasi emas 2045,” tutup Ketua Pelaksana KRI Nasional 2024 tersebut.