Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian tahap seleksi lomba 3D Photography bernama Immersive Fiesta 2024 ditutup dengan acara awarding pada Sabtu (25/5). Berlokasi di Mini Teather Lt. 6 Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi SMA/K terpilih dari berbagai daerah di Indonesia. Selain menentukan tiga orang pemilik karya terbaik sebagai pemenang, Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM) turut menyiapkan sesi workshop Augmented Reality (AR) yang dibawakan oleh pemateri ahli, yakni Miftakhul Firdaus selaku CEO Joy Leap Studio.

Secara berurutan, sambutan yang disampaikan oleh Ashafidz Fauzan Dianta S.ST., M.T., selaku Koordinator Prodi Sarjana Terapan TRM dan Kholid Fathoni, S.Kom., M.T., sebagai Ketua Jurusan Teknologi Multimedia Kreatif membuka serangkaian kegiatan Immersive Fiesta 2024. Dalam sambutan tersebut, Kholid Fathoni, S.Kom., M.T., menyebutkan bahwa Prodi Sarjana Terapan TRM PENS yang unggul patut untuk dipilih, mengingat peserta Immersive Fiesta merupakan siswa SMA/K tingkat akhir yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya ke perguruan tinggi. “Saya menyingkatnya PDF Kakak, yakni Prestasi, Dosen, Fasilitas, Kompetensi, Kualitas, dan Kekinian. PENS sebagai politeknik terbaik se-Indonesia telah mengukir banyak prestasi serta memiliki dosen TRM yang berkompeten dan sudah terverifikasi. Kemudian, fasilitas dan kompetensi yang menunjang diharapkan mampu mencetak lulusan berkualitas sehingga dapat menjawab kebutuhan DUDIKA (Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja) serta revolusi 4.0 dan 5.0,” ungkapnya.

Dengan slogan “Endless Imagination, Connects the Future”, Immersive Fiesta digelar guna mewadahi kreativitas siswa SMA/K dalam mengembangkan pemahaman serta keterampilannya akan 3D modelling. Untuk itu, Miftakhul Firdaus selaku CEO Joy Leap sekaligus juri dalam ajang 3D photography ini hadir guna memberikan pelatihan singkat mengenai Augmented Reality (AR) dan mengajak para finalis mempraktikkan langsung melalui aplikasi Meta Spark Studio. Usai showcase karya 3D setiap finalis, atensi seluruh peserta semakin memuncak seiring dengan pembacaan tiga siswa pemilik karya terbaik. Karya bertajuk “Cyber Warrior: The Last Samurai in Cyber City” sukses membawa siswa SMKN 2 Jember, Jonzeven La Royba meraih gelar Juara 1. Perolehan penghargaan tersebut disusul dengan Raihan Ramda Pandanaran dari SMK Muhammadiyah 1 Semarang sebagai Juara 2, serta siswi SMKN 1 Ponorogo, Cahya Rahma Maulani sebagai Juara 3.

Meski penerima Juara 1 dan Juara 2 berhalangan untuk hadir, euforia atas kemenangan tersebut tetap dirasakan oleh penerima golden ticket yang turut mengikuti ajang 3D Photography ini secara daring. Ashafidz Fauzan Dianta S.ST., M.T., berharap agar kegiatan yang diselenggarakan di tahun keduanya tersebut dapat terus menarik minat banyak siswa SMA/K se-Indonesia untuk mengasah kemampuan 3D modelling-nya dan bergabung menjadi bagian dari Prodi TRM PENS pada tahun berikutnya. Di penghujung acara, Cahya Rahma Maulani sebagai salah satu pemenang turut memberikan kesannya akan manfaat dari perhelatan kegiatan ini, “melalui Immersive Fiesta, saya mendapatkan pengalaman dan ilmu mengenai 3D modelling, seperti halnya AR yang sangat berguna untuk dikembangkan di proses belajar saya selanjutnya,” tuturnya.