Surabaya, pens.ac.id – Sebanyak 50 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai mengikuti Workshop Penyusunan Laporan Kemajuan dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) serta Monitoring dan Evaluasi (Monev) I Internal pada Kamis (27/6). Mengundang Dr. Ing. Doty Dewi Risanti, S.T., M.T., sebagai pemateri di Mini Teater Lt. 6 Gedung Pascasarjana, workshop tersebut diikuti dengan penuh antusias oleh tim PKM yang lolos pendanaan. Sementara itu, Monev I Internal yang bertempat di Ruang Kelas B301-B305 Gedung D4 ini menghadirkan 11 reviewers dari PENS guna memantau dan mengevaluasi progres Tim PKM PENS. Kedua kegiatan inisiasi PKM Center dan tim dosen pembina tersebut diharapkan mampu mempersiapkan strategi Tim PKM PENS secara optimal.

Dalam rangka mempersiapkan Tim PKM PENS sebelum menghadapi PKP2, pemateri yang sangat berpengalaman di bidang penalaran dan kreativitas, yakni Dr. Ing. Doty Dewi Risanti, S.T., M.T., hadir untuk memberikan materi dan mematangkan strategi masing-masing tim. Ibu Doty memulai pemaparannya dengan menjelaskan alur PKP2, kriteria penilaiannya, hingga kreativitas dan keunikan dari inovasi yang seharusnya ditonjolkan dalam presentasi setiap tim. Menurutnya, sebagai mahasiswa kampus vokasi dengan tim terbanyak yang lolos pendanaan, 50 tim PKM 2024 sudah sepatutnya memaksimalkan potensi serta mempertahankan kehormatan yang telah dicapai PENS tersebut pada PKP2 mendatang. “Pencapaian ini luar biasa sekali, artinya PENS telah membuktikan diri sebagai politeknik yang mampu menghasilkan karya kreatif dan inovatif dari mahasiswanya. Harapan saya, 50 tim ini nantinya dapat memberikan hasil terbaik sekaligus menunjukkan bahwa PENS mampu menjadi Centre of Excellence serta panutan untuk politeknik yang lain,” ungkapnya.

Usai workshop dilangsungkan, serangkaian kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan Monev I Internal di lima Ruang Kelas Lt. 2 Gedung D4 PENS. Sebanyak 10 tim secara bergantian memasuki ruangan untuk mempresentasikan progres mereka terkait inovasi yang diangkat. Dua hingga tiga reviewers kemudian menilai dan mengevaluasi kemajuan yang telah dipaparkan oleh setiap tim pada power point mereka. Salah satu reviewer, Fitrah Maharani Humaira, S.Si., M.Kom., menyebutkan bahwa setidaknya progress tim telah mencapai 40 persen pada Monev kali ini, “Monev Internal ini diadakan agar Dosen Pembina PKM PENS dapat memonitoring progres yang telah dilakukan oleh masing-masing tim, mulai dari logbook keuangan, logbook kegiatan, hingga kesiapan alat yang dibuat. Target progres dari Monev I Internal ini setidaknya setiap tim telah mencapai 40 persen. Secara keseluruhan, progres yang dipaparkan teman-teman tadi sudah baik,” tuturnya.

Monev I Internal ini merupakan pemantauan sekaligus penilaian awal progres tim sebelum memasuki Monev II Internal. Berkat evaluasi yang diberikan oleh Tim Dosen Pembina PKM PENS, diharapkan setiap tim dapat merancang strategi yang lebih terarah dan optimal guna menghadapi Monev II Internal hingga PKP2 mendatang. Mengingat panjangnya perjalanan PKM disertai dengan persaingan yang ketat dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia, besar harapan tim pembina agar Tim PKM PENS mampu lebih bersemangat dan menikmati setiap prosesnya untuk mengharumkan nama institusi hingga Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2024.