Surabaya, pens.ac.id – Berbagai prestasi terus ditorehkan oleh Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sabtu (29/9), tim SrikandiDev dari Program Studi Teknik Informatika berhasil meraih pengahrgaan poster terbaik pada ajang National Software Development Competition (NSDC) 2018. Merupakan kompetisi yang digelar oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, kompetisi tersebut memperlombakan cipta karya perangkat lunak sebagai solusi terhadap masalah yang sesuai dengan subtema yang telah ditentukan.

SrikandiDev beranggotakan tiga orang mahasiswi PENS, yakni Nadila Wirdatul Hidayah, Reza Aprillia, dan Rizka Rahayu Sasmita. “Tujuan utama kami yaitu untuk lebih mengenalkan PENS ke masyarakat. Selain itu juga untuk cari pengalaman dan menambah wawasan,” ujar Nadila selaku ketua tim. Dengan mengusung tema “Daily Application, Make Solution”, dalam kesempatan kali ini para peserta membuat suatu aplikasi yang inovatif, kreatif, dan imajinatif, sebagai solusi bagi permasalahan sehari-hari. ­­­­­­­Berbagai tahapan telah dilalui oleh SrikandiDev mulai dari seleksi abstrak, hingga presentasi dihadapan para juri.

Bersaing dengan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, SrikandiDev berhasil terpilih menjadi satu dari sepuluh tim yang lolos ke tahap grand final. Berbagai persiapan dilakukan dengan matang hingga SrikandiDev berhasil meraih penghargaan poster terbaik. “Konsep dari poster kami sendiri lebih ke dark concept, kami lebih banyak menggunakan obyek dan background gelap dengan konten berwarna putih,” tukas Nadila.

Dengan diraihnya prestasi ini, diharapkan dapat memacu motivasi Mahasiswa PENS untuk dapat terus semangat dalam berkompetisi. “Senang bisa nambah pengalaman dan diberi kesempatan untuk membawa nama PENS. Semoga kedepannya kami bisa terus berkarya dan berinovasi, serta bisa menginspirasi teman-teman lainnya,” imbuh Nadila. (res/dya)